Danau Raja, Mempesonanya Wisata Dalam Kota

Kamis, 26 Februari 2015 15:15 WIB
Danau Raja, Mempesonanya Wisata Dalam Kota
Foto/inhukab
Danau Raja. Salah satu tempat wisata di Kota Rengat, adalah sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. 

RENGAT - Punya rencana jalan-jalan ke Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)? Tempat ini jadi salah satu tujuan yang wajib didatangi saat berada di Rengat, Kabupaten Inhu. Taman Rekreasi Danau Raja.

Objek wisata ini mempunyai danau yang lumayan luas, airnya juga cukup bersih. Di pinggiran Danau Raja terdapat pula taman yang di penuhi pohon-pohon nan rimbun yang tentunya menghadirkan sensasi kesegaran dengan tiupan angin sepoi-sepoi nya.

Selain itu juga di dalam komplek Danau Raja terdapat pula Replika Istana Kerajaan Indragiri yang merupakan warisan budaya dan sejarah kerajaan melayu di Provinsi Riau.

Tak jauh disisi sebelahnya juga terdapat Sebuah bangunan megah yakni Gedung Olahraga yang nantinya akan di gunakan untuk cabang Volley dan Sepak Takraw pada Pekan Olahraga Provinsi (porprov) ke VIII di Kabupaten Indragiri Hulu.

Menilik lebih jauh keindahan panorama Danau Raja, agak kurang rasanya jika kita tidak meninjau asal usul kenapa danau ini dinamakan dengan Danau Raja. Bertanya soal sejarah Danau Raja ini, bukan Kota Rengat nama nya jika tidak memiliki asal usul sejarah nya.

Konon kabar nya Danau Raja ini dulunya merupakan tempat mandi nya para Raja-raja Melayu di Kerajaan Indragiri, itulah secuil cerita dari penggalan sejarah sehingga kenapa dinamakan dengan Danau Raja. Tentunya dulu pada masa itu Danau Raja belumlah sebesar dan seluas seperti sekarang ini.

Danau Raja merupakan sebuah panorama alam yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek pariwisata. Apalagi bagi Keluarga yang ingin mengadakan Piknik Keluarga atau Rekreasi Keluarga, Danau Raja merupakan pilihan yang sangat tepat dari alternatif destinasi wisata yang tersedia di Kabupaten Indragiri Hulu.

Hal utama yang di perhitungkan oleh para wisatawan untuk melakukan kunjungan wisata adalah akses jalan ke tempat tujuan wisata tersebut. Bagi para Wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Raja tidak perlu takut karena akses untuk ke Danau Raja tidak lah sulit karena Danau Raja terletak di dalam kota Rengat, tepatnya di Jalan Sultan yang berhadapan dengan SMA Negeri 1 Rengat dan SMK Negeri 1 Rengat.

Adapun rute yang dapat di lalui untuk bisa sampai ke Danau Raja Rengat bagi wisatawan yang dari luar Pulau Sumatera tentunya bisa transit terlebih dahulu di Kota Pekanbaru untuk kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju Kota Rengat dengan jarak tempuh lebih kurang 4 jam perjalanan, dimana sepanjang perjalanan anda dapat menikmati pemandangan alam yang menarik seperti perkebunan kelapa sawit, karet dan lain sebagainya. Dan bagi para wisatawan dari luar provinsi namun masih di dalam wilayah Pulau Sumatera, bisa melalui jalur darat.

Bagi wisatawan dari luar kota juga tidak perlu khawatir mengenai masalah penginapan, karena tepat di depan Danau Raja terdapat Hotel Danau Raja yang bisa memudahkan para wisatawan dari luar daerah kab Inhu untuk bermalam dan menginap di kota Rengat sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Inhu memang tidak punya obyek wisata seperti Pantai di tepi laut dengan semilir ombak nya, ataupun puncak gunung tinggi yang bisa di daki, tapi Inhu punya Danau yang fenomenal yang layak untuk di kunjungi, danau tersebut bernama Danau Raja.

Dengan berbagai pesona yang di tawarkan cukuplah kiranya menjadikan Danau Raja sebagai alternatif tujuan wisata anda. (humas)

Penulis: Inhu
Editor: Inhu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
362 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2020
Atas